Hacker Melakukan Deface di Roblox, Kampanyekan Donald Trump

Ruang bermain ramah anak, Roblox baru-baru ini mengalami sebuah kejadian yang cukup tidak cocok untuk anak-anak. Membawa aspek politik, seorang hacker mengubah ribuan pakaian yang digunakan oleh pemain dengan gambar kampanya Donald Trump 2020. “Ajak orang tuamu untuk memilih Trump tahun ini! #MAGA2020” merupakan pesan yang disampaikan kepada lebih dari 1,500 pemain Roblox, tiga kali lebih banyak dari jumlah yang dicatat oleh situs web BleepingComputer ketika pertama kali melihat kampanye peretasan pada Sabtu lalu.

Seiring dengan perubahaan pesan pada profil penggunanya, hacker ini juga mengubah jenis pakaian yang digunakan para pemain dengan item yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Pertama adalah topi berwarna merah dengan tulisan “Running of the Bulls” yang memang sangat mirip dengan topi “Make America Great Again” yang sering digunakan oleh pendukung Trump. Kedua adalah baju elang Amerika yang sering kali kamu temukan pada bagian samping truck di Amerika. Beberapa orang juga melaporkan bahwa sang hacker berhasil mengirimkan pesan pribadi ke pengguna lain yang ada di friendlist dengan pesan dukungan untuk memilih Trump.

Untungnya sang hacker sepertinya tidak mengubah informasi pribadi dari para pemain sehingga bagi gamer yang terkena imbasnya tetap dapat login dan memperbaiki segala hal yang diubah oleh sang hacker tersebut. BleepingComputer berspekulasi bahwa hacker tersebut berhasil mengakses profil pemain yang menggunakan password lemah mengingat bahwa game ini memang diperuntukan untuk anak-anak. Mereka juga menyarankan untuk mengubah password yang lebih rumit dan mengaktifkan two-factor atuhentication untuk akun pemain.

Pihak Roblox sampai saat ini belum mau nagkat bicara terkait kejadian ini. Semoga dengan kejadian ini Roblox dapat memperbaiki sistem mereka dan tentunya tidak mempengaruhi kondisi politik Amerika melalui game anak-anak berumur 9 hingga 14 tahun ini.

 

Sumber : Kotaku

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: