Hal Yang Hanya Bisa Kalian Temukan Di Persona 5 Royal

Masih menjadi salah satu game JRPG terbaik yang ada di PlayStation 4, Atlus menghadirkan game Persona 5 pada tahun 2016 untuk PlayStation 3 dan sedangkan untuk PlayStation 4 dirilis satu tahun kemudian, yakni tahun 2017. Dijuluki sebagai salah satu game JRPG terbaik, bukanlah isapan jempol belaka, buktinya pada tahun 2017 ia dinominasikan pada empat kategori awards dan berhasil memenangkan nominasi “Best Role RPG Game”, dan dinobatkan sebagai game terbaik kedua di tahun 2017 oleh GameSpot, setelah The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Seperti belum selesai dengan game ini, Atlus pada awal tahun 2020 ini membawa sebuah versi lengkap, atau bisa dibilang versi komplit dengan nama Persona 5 Royal. Kenapa bisa dibilang versi komplit? Karena pada Persona 5 Royal ini terdapat banyak tambahan konten-konten seperti, karakter, gameplay system, persona, dan tempat nongkrong serta bos baru. Tentunya untuk kalian yang belum memainkan game Persona 5, sangat disarankan untuk langsung mencicipi Persona 5 Royal. Lalu bagaimana dengan para pemain yang sudah memainkan versi sebelum Royal? Tenang, kalian akan disuguhi tiga karakter baru, cara bermain yang baru, dan move set bos yang berbeda dan beberapa layout Palace berbeda dari Persona 5 yang biasa. Penasaran? Berikut penambahan-penambahan yang ada di Persona 5 Royal yang bisa kalian simak di bawah ini.

Karakter

Dalam game Persona 5 yang biasa terdapat 21 karakter yang akan memiliki hubungan dengan kalian, dan disebut dengan Confidant. Setiap confidant akan mewakili Major Arcana dari kartu Tarot mulai dari The Fool Sampai dengan Judgment, dan terdapat sebuah ranking untuk setiap Confidant dengan maksimal ranking 10. Ranking ini yang akan menjadi indikator seberapa dekatnya kita dengan para Confidant kita. Seolah kurang, Atlus menambahkan dua orang karakter lagi yang akan mewakili Arcana Faith dan Councillor sehingga terdapat 23 Confidant yang harus kalian naikan Rank-nya, dan seorang karakter yang nantinya akan membantu perjalanan kalian. Berikut ketiga karakter baru tersebut dengan satu karakter bonus:

  • Yoshizawa Kasumi

Merupakan siswi baru di Shujin Academy, dan merupakan adik kelas kalian, yang merupakan tipikal adik kelas yang sempurna di Jepang.

  • Takuto Maruki

Maruki, merupakan seorang konselor yang akan muncul setelah kalian menyelesaikan bos pertama, walau terlihat seperti NPC biasa saja, dia akan memainkan peran yang penting ketika kalian sudah menyelesaikan cerita dari Persona 5 biasa.

  • Jose

Seorang anak laki-laki yang nantinya akan kalian temukan di dalam Mementos. Jose sendiri akan memiliki peran yang penting dalam membantu perjalanan kalian dalam game ini.

  • Goro Akechi

Akechi sendiri sudah dimunculkan dalam game Persona 5 biasa, namun untuk di Persona 5 Royal ini, kalian akan memiliki hubungan yang lebih intense dengannya, Akechi sendiri di Persona 5 Royal akan mempertemukan kalian dengan sebuah tempat baru. Selain itu dialog-dialog ketika kalian menghabiskan waktu untuk menaikan rank Confidant Justice ini sebagian besar berbeda dengan Persona 5 biasa, sehingga kalian akan lebih mengerti Akechi.

 Story

Walau konten cerita sebelum kalian melawan bos terakhir di Persona 5 secara garis besar sama, namun dengan adanya karakter-karakter baru, Atlus menyisipkan berbagai cerita dan event tambahan ketika kalian berprogress dalam game ini, salah satunya adalah terdapat sebuah scene yang cukup panjang, dimana sang prontagonis kita akan menghabiskan waktu dengan seorang karakter baru yang merupakan poster girl dari Persona 5 Royal ini.

Tentunya bukan hanya itu saja, akan terdapat berbagai scene yang diselipkan oleh Atlus, seolah-olah karakter tersebut memang sudah hadir di Persona 5 biasa, dan Atlus mengeksekusikannya dengan baik.Battle

Untuk battlenya sendiri tidak terdapat perbedaan sama sekali dengan game Persona 5. Namun untuk versi Royal terdapat dua gimmick tambahan, dan sebuah serangan penghabisan atau finisher:

  • Baton Pass

Baton Pass masih bekerja seperti biasa, namun kali ini terdapat level yang bisa kalian naikan agar Baton Pass kalian menjadi lebih sakit, selain itu Baton Pass kalian juga bisa menyembuhkan HP kalian pada level kedua, dan pada level ketiga tingkat penyembuhan HP akan meningkan dan bisa menyembuhkan SP juga. Tentunya ini sangat membantu, berhubung elemen SP itu sangat penting dalam battle di Persona 5 maupun Royal.

  • Gun

Jika pada game Persona 5 biasa kalian harus menghemat menggunakan sub-weapon, alias pistol kalian, karena pelurunya terbatas. Di Persona 5 Royal kalian bisa menggunakannya pada setiap pertarungan sampai habis, dan akan terisi penuh lagi pada pertarungan selanjutnya.

  • It’s Show Time!

Jika pada Persona 5 biasa finishing move kalian adalah All Out Attack, yang hanya bisa dilakukan ketika seluruh musuh kalian down. Di Persona 5 Royal, diperkenalkan sebuah finisher move yang baru bernama It’s Show Time! Finisher ini hanya bisa dilakukan ketika darah musuh sekarat atau karakter kalian yang sudah memiliki finisher move ini sekarat. It’s Show Time! Juga menghasilkan damage yang tidak kalah dengan All Out Attack.

  • Disaster Shadow

Persona 5 Royal juga menghadirkan sebuah jenis Shadow baru, yang bernama Disaster Shadow, dan Shadow ini akan membuat kalian terpaksa menyerang dengan weakness yang ia miliki atau langsung membunuhnya dalam sekali serangan, karena jika tidak serangan yang ia berikan kepada kalian akan sangat menyakitkan. Untungnya, Disaster Shadow ini hanya menyerang ketika ia diserang saja, dan jika kalian berhasil membunuhnya, Disaster Shadow akan meledakan diri dan memberikan damage yang relatif besar kepada Shadow yang ada di sekitarnya.

Boss Battle

Untuk boss battle di Persona 5 Royal, akan terdapat sedikit perubahan, penambahan gimmick, contohnya saat kalian melawan bos pertama, di Persona 5 Royal ini bos pertama tersebut akan mendapatkan sebuah bantuan tambahan yang dimana pada Persona 5 biasa tidak ada.

Walau itu hanya berbeda sedikit, terdapat sebuah perbedaan yang siginifikan ketika kalian melawan bos kedua di Persona 5 Royal.

Grapple Hook

Salah satu gimmick baru yang hadir di Persona 5 Royal, dimana dengan gimmick ini Atlus juga akhirnya mengubah beberapa layout Palace sehingga kalian akan menggunakan Grapple Hook sesering mungkin untuk menemukan atau membuka jalan, dan untuk mendapatkan item khusus yang salah satunya adalah Will of Seed, yang nantinya bisa kalian tukarkan di Jose. Dan bahkan Grapple Hook ini bisa menjadi salah satu shortcut perjalanan kalian di Palace.

 

Tempat Nongkrong Baru

Dalam game Persona 5 Royal, Atulus juga menambahkan banyak tempat baru, namun ada satu tempat yang nantinya akan kalian lebih sering kunjungi, yang bernama Kichijoji. Jika di game Persona 5 biasa kalian hanya bisa mencuci pakaian yang kalian dapatkan di Palace atau Mementos, agar bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi, kali ini terdapat sebuah toko di Kichijoji yang akan membeli pakaian kotor yang kalian dapatkan tersebut dengan harga yang tinggi, setelah menjualnya kalian juga akan mendapatkan point, dimana point tersebut bisa kalian tukarkan dengan barang yang lebih berguna. Kichijoji juga memiliki dua tempat baru yang penting yaitu Darts and Billiard dan Jazz Club. Untuk Jazz Club, kalian baru bisa mengunlock tempat ini setelah Akechi mengajak kalian ke sini, tentunya kalian harus mengingkatkan level Confidant Akechi.

  • Darts and Billiard

Sesuai namanya, kalian bisa bermain Darts dengan karakter yang kalian pilih untuk meningkatkan level Baton Pass mereka, sedangkan untuk Billiard kalian bisa menaikan social skill kalian sebanyak satu atau dua bintang, dan mendekatkan diri kalian kepada anggota party kalian. Yang menariknya disini ada pada Darts, dimana mini game ini menggunakan motion sensor yang ada di DualShock 4

  • Jazz Club

Ketika kalian ingin menaikan level Confidant kalian, kadang kala kalian hanya berakhir menghabiskan waktu dengan mereka saja namun tidak menaikan level Confidant, dan mungkin lebih baik membawa mereka ke Jazz Club saja, karena selain mendekatkan kalian dengan Confidant yang dipilih, Jazz Club bisa menaikan status Persona mereka, dan terkadang bisa memberikan skill khusus kepada mereka. Namun tergantung dengan hari dimana kalian mengajak Confidant pilihan kalian.

Thief Den

Salah satu konten tambahan yang menarik jika kalian membandingkan dengan Persona 5 biasa dan game sejenis yang lain. Thief Den ini merupakan sebuah galeri interactive dimana kalian bisa menggunakan sang prontagonis untuk berjalan-jalan pada sebuah ruangan besar yang di khususkan untuk menyimpan berbagai achievement dalam game, berbagai gambar, musik, dan video termasuk video trailer yang mengiklankan game Persona 5. Selain itu terdapat sebuah mini game yang bernama Tycoon atau mungkin sebagian besar dari kalian mengenalnya dengan nama Capsa, namun sayangnya kalian hanya bisa melawan NPC di sini.

Miscellaneous

Berikut beberapa hal lainnya yang ditambahkan oleh Atlus dalam Persona 5 Royal

  • All Out Attack versi Futaba

Ketika Futaba sudah masuk ke dalam party, terkadang saat melakukan All Out Attack, Futaba akan mengambil ahli untuk serangan terakhirnya.

  • Awakening baru

Menjadi salah satu konten yang ada di Persona 5 Royal, dan kalian hanya bisa mengaksesnya pada semester ketiga di game ini, alias konten yang hanya ada di Persona 5 Royal.

  • Jose dan Mementos

Dengan salah satu karakter yang diperkenalkan di Persona 5 Royal, Jose akan membantu kalian dalam mendapatkan uang, item yang berguna, dan mempermudah levelling kalian. Caranya cukup mudah, yang kalian harus lakukan adalah mengumpulkan bunga dan serta stempel bintang yang tersebar di seluruh level Mementos, kemudian mencari Jose dan menukarkannya untuk berbagai Item, dan menaikan EXP, uang, dan drop item yang kalian dapatkan dalam Mementos.

  • Pertanyaan Baru

Jika sebelumnya di dalam kelas kalian akan mendapatkan pertanyaan, dan jika berhasil menjawab dengan benar Social Stats kalian untuk Knowledge akan meningkat sedikit, dan di Persona 5 Royal ini bukan hanya kalian saja yang akan diberikan pertanyaan mendadak, namun salah satu Confidant kalian juga akan mendapatkannya, sehingga kalian harus membantu memberikan jawaban, dan jika benar Social Stats kalian akan meningkat serta mendekatkan hubungan kalian dengan Confidant tersebut.

  • Jalan-Jalan Bersama Caroline Dan Justine

Sebagai warden untuk mengawasi sang prontagonis, Caroline dan Justine akan memaksa sang prontagonis untuk pergi ke tempat yang mereka inginkan. Walau tidak menaikan level Confidant mereka, setidaknya kalian akan mendapatkan skill card.

  • Velvet Room: Fusion Alarm

Salah satu konten yang dihadirkan pada Persona 5 Royal dan tentunya sangat bermanfaat, terutama untuk kalian yang ingin mendapatkan Persona terkuat. Dalam keadaan ini kalian bisa menggunakan Fusion di Velvet Room untuk mendapatkan Persona dengan status yang lebih kuat dari biasanya.

Review

Sekian dengan artikel yang panjang di atas, kali ini saya akan membagikan pandangan saya mengenai Persona 5 Royal. Game ini bisa dikatakan sebagai sebuah versi upgrade dan komplit dari Persona 5, dengan berbagai karakter tambahan yang menjadi vital dalam game ini, beserta konten-konten yang tentunya saja membuat para pemain, terutama pemain yang sudah mencicipi Persona 5 bisa merasa ingin kembali memainkan game tersebut melalui Persona 5 Royal. Yang cukup menyenangkan disini, game ini hadir lebih friendly untuk para pemain baru, ataupun pemain lama yang ingin sesegera mungkin untuk mencicipi konten Royal, dengan leveling yang jauh lebih mudah, serta masalah financial yang bisa diselesaikan dengan bantuan Jose, membuat para pemain bisa lebih fokus meningkatkan Social Stats dan meningkatkan Ranking Confidant mereka, ditambah lagi berbagai macam gimmick tambahan untuk para boss dan juga dalam pertarungan biasa melawan shadow, yang tentunya membuat pengalaman bermain Persona 5 Royal terasa cukup berbeda dengan Persona 5 yang biasa.

Atlus juga sudah bekerja dengan baik dalam menyisipkan berbagai scene baru kedalam Persona 5 Royal yang sama sekali tidak membuat alur cerita game ini berubah, namun tentunya Persona 5 Royal memberikan cerita tambahan beserta beberapa ending yang berbeda. Kekurangannya adalah, untuk cerita yang dihadirkan oleh Royal, sepertinya terlalu pendek dan terkesan tergesa-gesa, terutama ketika kalian ingin menggaet Yoshizawa Kasumi, karena kalian hanya memiliki waktu satu bulan saja. Namun mengingat memang dari awal cerita ini kita hanya diberikan waktu satu tahun saja, Atlus sukses memadatkan cerita Persona 5 di Persona 5 Royal ini.

Terlepas dari itu semua, konten cerita yang dihadirkan oleh Royal ini solid dan menyenangkan, serta memberikan cukup banyak Plot Twist ketika kalian mulai memasuki bagian akhir dari game ini.

Untuk skor yang saya berikan adalah

Game Ini Cocok Untuk: Kalian yang menyukai game dengan elemen cerita yang kental, terutama untuk yang memiliki waktu yang cukup serta pecinta game JRPG, dan Anime.

Game Ini Tidak Cocok Untuk: Kalian yang tidak suka berjam-jam hanya membaca dialog antar karakter, tidak suka mengatur waktu, terutama yang tidak memiliki waktu luang yang banyak.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: