Lebih Dari 2,000 Game Dihapus Dari App Store Cina

Ribuan game telah dihapus dari iOS App Store versi Cina menurut laporan baru-baru ini. Cina memang terkenal dengan sistem penerimaan game yang sangat ketat dan pada tahun 2019, regulasi game Cina mengkonfirmasi untuk melarang peredaran lisensi game poker dan mahjong.

Sebuah laporan terbaru dari Sensor Tower mengungkap bahwa ada lebih dari 2,500 game yang telah dihapus oleh App Store Cina, tindakan ini menjadi bagian dari rencana penegakan aturan perturan game Cina yang lebih ketat. Pada Februari, Apple mengkonfirmasi berencana untuk mematuhi kebijakan Administrasi Pers dan Publikasi Nasional Cina yang akan datang pada 31 Juli 2020., seluruh game mobile premium atau game mobile dengan microtransaction akan dihapus jika mereka tidak memiliki International Standar Book Number atau ISBN yang dikeluarkan oleh pihak administrasi.

Game yang telah dihapus telah mencetak 37 juta dollar di Cina, dengan total 133,4 juta jumlah install. Beberapa tim pengembang secara mengejutkan masuk ke dalam daftar seperti Glu, Zynga, dan developer Clash Royale yaitu Supercell. Mereka cukup kaget ketika melihat game Hay Day milik mereka telah di hapus dari App Store.

Para pengembang diperbolehkan untuk mendaftarkan ISBN dan dokumen yang dibutuhkan agar game yang mereka miliki tidak dihapus ketika kebijakan yang ada mulai diimplementasikan. Penghapusan ini nampaknya hanya berlaku untuk game-game yang telah diupdate namun tidak memiliki ISBN. Data dari daftar Google PLay untuk Hay Day mengkonfirmasi bahwa game ini diupdate pada 1 Juli 2020 yang sesuai dengan laporan penghapusan game ini di App Store.

Industri game mobile berhasil meraup banyak uang setiap tahunnya dan Cina menjadi salah satu daerah penghasil yang terbanyak. Untuk mendapatkan ISBN cukup sulit dan memakan waktu yang cukup lama, yang berarti para pengembang harus menunggu cukup lama untuk dapat meraih pemain game di pasar Cina kembali.

Sumber : Venture Beat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: