Steam Kenakan Pajak 10% Untuk Region Indonesia Mulai Juli

Penambahan pajak pada produk digital sepertinya memang sudah menjadi sasaran yang sedang direncanakan oleh pemerintah Indonesia. Berbagai produk digital seperti layanan streaming musik, streaming film, aplikasi, dan game-game digital akan dipungut pajak sebesar 10%. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang di seluruh bagian di Indonesia.

Peraturan tersebut akhirnya sampai ke telinga Valve dan mereka terpaksa menaikan harga produk mereka baik game ataupun DLC di Steam sebesar 10%. Dilansir dari website Steamworks, mereka memberikan informasi detil terkait seluruh negara beserta pajak yang berlaku.

Pajak yang dikenakan pada produk digital tentunya akan mempengaruhi harga produk di Steam dan kelihatannya cukup menyiksa dompet kalian. Indonesia tergolong baru dalam menerapkan pajak ini, berbeda dengan negara lain seperti Jerman yang sudah menetapkan peraturan ini sejak 2015 lalu. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia mendapat kenaikan harga yang cukup standar dari negara lain, tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal. Namun kenyataan dilapangan mungkin bisa berbeda, mengingat bahwa harga game di Steam sebelum pajak saja masih banyak gamer yang dapat membelinya ketika diskon saja. Bagaimana pendapatmu? apakah setuju dengan peraturan ini?

 

Sumber : Steamworks

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: