Street Fighter Terinsipirasi dari Sebuah Game Adaptasi Film Jackie Chan

Tahun 1987 merupakan tahun dimana game pertama dari Capcom yang berjudul Street Fighter lahir, dan pada tahun itu juga dimana controller dengan enam tombol dan sistem input menjadi bagian yang penting untuk game bertema fighting. Sembari seri game ini menjadi lebih besar dan baik dengan game Street Fighter II, game originalnya, Street Fighter merupakan game yang berperan penting, dimana game tersebut ditemukan oleh sang director game tersebut ketika ia sedang bosan di dalam sebuah rapat.

Dilansir dari artikel sejarah Street Fighter di Polygon melalui Gamespot, director game yang bernama Takashi Nishiyama  mengatakan “Suatu hari di Capcom, kami sedang menggelar sebuah rapat antara karyawan pihak pengemban dan tim sales, dan rapat khusus ini berlangsung dengan sangat lama – sekitar dua jam. Dan secara personal saya merupakan orang yang ada di pihak pengembang, saya merasa sangat sulit untuk bisa berfokus pada rapat yang sedang berlangsung ini, jadi saya cenderung melamun dan memikirkan berbagai hal mengenai game.”

Nishiyama mengatakan bahwa game tersebut (Street Fighter) muncul dibenaknya pada saat ini, “Terdapat sebuah momen, dimana ide mengenai game Street Fighter muncul di dalam kepala saya, dan saya menggambar ide tersebut pada sebuah kertas saat rapat,” ia mengingat, bahwa ia memperlihatkan ide tersebut kepada Yoshiki Okamoto yang merupakan producer di Capcom yang saat itu sedang duduk disebelahnya, dan ide tersebut disetujui oleh Okamoto.

Inspirasi dari game ini datang dari sebuah game yang dikenal dengan nama Spartan X, atau yang dikenal di US dengan nama Kung-Fu Master, dimana Nishiyama pernah ikut bekerja dalam game tersebut ketika ia berada di tim pengembang. Nishiyama mengatakan saat itu ia sedang memikirkan pertarungan bos dalam ame tersebut, dan berpikir sepertinya akan menarik juga membuat game berdasarkan hal tersebut. Yang akhirnya bsa dikatakan bahwa game Spartan X ini merupakan ide dasar dari game Street Fighter.

Spartan X merupakan nama Jepang untuk film layar lebar Jackie Chan yang berjudul Wheels on Meals, dan game tersebut merupakan adaptasi dari film itu. Namun yang dimasukan kedalam game Spartan X hanyalah pemeran utama dan pacarnya saja, sedangkan plot Spartan X tidak sama dengan film layar lebarnya.

Sumber: gamespot

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: